Cara Mencegah Keputihan

Cara Mencegah Keputihan – Bagi kaum hawa, masalah keputihan dapat mengurangi kecantikan karena keputihan sering menimbulkan bau tak sedap. Keputihan merupakan masalah yang sering terjadi setelah selesai masa menstruasi atau pertengahan menjelang menstruasi. Kondisi ini diakibatkan oleh infeksi cendawan candida albicans yang menimbulkan gejala keluarnya cairan putih atau kekuningan yang kental disertai rasa gatal atau sakit serta bau yang tak sedap. Daerah vagina pun menjadi tidak nyaman karena lembap atau terasa basah.

Cara Mencegah Keputihan

Cara Mencegah Keputihan

KEPUTIHAN PADA WANITA

Keputihan dengan stadium lanjut juga merupakan faktor terbesar penyebab keputihan terjadinya kanker rahim. Jika mengalami keputihan adalah normal. Karena keputihan itu menjaga agar vagian tetap lembab sebagai bagian dari mekanisme pembersihan diri. Cairan keputihan yang normal sifatnya lembab dan bertugas membersihkan sel-sel mati dan bakteri dari vagina. Cairan ini terutama berasal dari kelenjar serviks (leher rahim), bersifat asam yang membantu untuk menjaga infeksi di teluk. Hasil keasaman dari asam laktat, dibentuk oleh bakteri baik yang bekerja untuk memecahkan gula.

Keputihan yang normal adalah yang tidak berbau. Jumlah cairan yang normal bervariasi dari wanita ke wanita sesuai siklus mentruasi, emosi stress, status gizi, penggunaan obat, pil KB dan kehamilan. Banyak wanita yang mengalami seminggu setelah menstruasi hampir tidak terjadi keputihan dan ada wanita yang memiliki keputihan yang banyak dan tebal. Menjelang tengah siklus (sekitar 2 minggu setelah awal menstruasi) jumlah cairan keputihan meningkat dan menjadi tipis, licin dan transparan seperti putih telur mentah. Ketika cairan keputihan ini terkena udara menjadi cokelat kekuningan warnanya, sehingga normal untuk menemukan noda kekuningan di celana ditengah-tengah siklus bulanan.

Keputihan juga akan terasa lembab dan lengket. Keputihan juga akan meningkat jika seorang wanita sedang dalam masa kehamilan. Dan ketika terjadi hubungan seksual cairan ini menjadi sangat berlimpah karena bau kelenjar di dekat vagina (pada kelenjar bartholin) mengeluarkan lendir licin tambahan yang berfungsi sebagai pelumas untuk bersetubuh.

Keputihan juga dapat disebabkan karena infeksi vagian antara lain infeksi jamur, infeksi bakteri atau kuman (bakteri vaginosis, streptokokus, staphilokokus dan kuman lainnya). Untuk mencegah keputihan biasanya, banyak wanita menggunakan bahan atau produk pembersih wanita yang banyak dijual dipasaran atau menggunakan produk pembersih wanita yang diiklankan di media elektronik.

Jika tidak tanda berupa keputhan atau gejala gatal, membersihkan daerah intim wnaita hanya perlu menggunakan air bersih. Beberapa produk pembersih yang dijual di pasaran hanya perlu digunakan jika terjadi produksi cairan yang berlebihan atau mulai terasa gatal di bagian organ intim wanita. Perlu juga diperhatikan, penggunaan cairan pembersih yang berbau wangi mungkin akan memperburuk gejala keputihan atau gatal.

CARA MENCEGAH KEPUTIHAN

Salah satu cara mencegah keputihan dengan memanfaatkan daun pepaya yang dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini :

  1. Ambil sehelai daun pepaya lalu cuci bersih dan iris halus
  2. Tambahkan 50 gam akar alang-alang yang bersih dan pulosari
  3. Rebus semua bahan-bahan tersebut dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian saring dan minum air rebusan berkhasiat tersebut sekali sehari satu gelas.

Cara mencegah keputihan yang berlebihan dilakukan dengan menjaga kebersihan dari organ intim wanita. Cara seperti ini bisa membantu untuk mencegah terjadinya keputihan. Karena organ intim yang terserang oleh bakteri atau terserang jamur biasanya akan mempunyai tingkatan dari kelembapan dan keasaman yang sangat tinggi. Hal ini bisa saja terjadi akibat dari Anda kurang menjaga kebersihan organ intim.

Cara mencegah keputihan pada wanita adalah :

  1. Sebaiknya hindari membilas vagina dengan menggunakan air yang kurang bersih saat sedang membilas vagina Anda terutama adalah saat Anda sedang menggunakan toilet umum.
  2. Gunakanlah pakaian dalam yang bahan dasarnya adalah katun, dan selain itu juga jauhi penggunaan celana dalam yang bahannya dintetis dan hindari celana dalam yang terlalu ketat.
  3. Jangan terlalu sering menggunakan panty liner, hal ini akan membuat organ kewanitaan Anda menjadi lembab
  4. Mengganti pakaian celana dalam jika merasa sudah sangat lembab
  5. Bersihkan organ intim dengan rutin dan teratur dari arah depan ke belakang. Hal ini akan membantu mengurangi resiko dari terjadinya kontaminasi pada mikroorganisme yang terjadi di saluran kencing dan juga dibagian anus.
  6. Sebaiknya kurangi jenis makanan yang manis dan juga minuman yang mengandung kafein.
  7. Melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan Anda sebelum Anda mengonsumsi obat medis.
  8. Jika selesai mandi, maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu organ kewanitaan Anda sudah benar-benar kering, Anda bisa menggunakan handuk yang bersih untuk membantu mengeringkan vagina dan ada baiknya jangan menggunakan tisu dengan aroma yang wangi.

Cara Mencegah Keputihan


=====================================

>>> Obat Alami Keputihan Untuk Mengatasi Keputihan dan Mengobati Keputihan Pada Wanita, Menguatkan Otot-Otot Vagina dan Rahim, Mengurangi Lendir Yang Berlebihan Serta Membuat Aroma Wangi Pada Organ Intim Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mencegah Keputihan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *