Cara Mencegah Keputihan Yang Berlebihan

Cara Mencegah Keputihan Yang BerlebihanKeputihan sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan hanya gejala yang disebabkan oleh faktor fisiologis atau faktor patologis. Keputihan terjadi jika dari dalam vagina keluar cairan berupa lendir (bukan darah) dalam jumlah yang berlebihan. Dalam keadaan normal, selaput lendir vagina tetap basah, tetapi tidak sampai mengeluarkan cairan yang berlebihan. Setiap wanita pernah mengalami keputihan yang disebabkan oleh faktor fisiologis yakni saat terjadi ovulasi, sebelum atau sesudah haid, saat hamil atau karena problem kegemukan. Keputihan karena faktor fisiologis biasanya berbentuk lendir encer, bening dan tidak berbau.

Cara Mencegah Keputihan Yang Berlebihan

Cara Mencegah Keputihan Yang Berlebihan

KEPUTIHAN PADA WANITA

Hal ini sangat berbeda dengan keputihan yang disebabkan oleh faktor patologis. Karena disebabkan oleh serangan bakteri atau jamur, lendir yang keluar berwarna kekuningan bahkan kecokelatan dan terkadang bercampur darah. Selain jamur dan bakteri, keputihan patologis juga bisa dipicu oleh pemakaian obat anti alergi atau obat anti kanker pada alat kelamin.

Dalam menjaga kesehatan reproduksi dan saluran kemih, hal yang penting diperhatikan adalah tidak menunda untuk buang air kecil. Selain itu, kebersihan vagina harus tetap dijaga dengan cara mencucinya segera setelah buang air kecil dan menjaga kelembapannya dengan menggunakan pakaian dalam yang kering dan mudah menyerap keringat (seperti dari bahan katun). Hal ini akan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi di daerah tersebut.

Jika tidak ada tanda berupa keputihan atau gejala gatal, membersihkan daerah intim ini hanya perlu menggunakan air bersih. Beberapa produk pembersih yang dijual di pasaran hanya perlu digunakan jika terjadi produksi cairan yang berlebihan atau mulai terasa gatal di bagian tersebut. Perlu juga diperhatikan, penggunaan cairan pembersih yang berbau wangi mungkin akan memperburuk gejala keputihan atau gatal.  Mempunyai masalah dengan keputihan sangat tidak nyaman untuk sebagian wanita yang selalu mengeluh karena seputar organ intim menjadi berlendir dan terkadang mengeluarkan bau yang tidak sedap.

CARA MENCEGAH KEPUTIHAN

Berikut ada beberapa Cara Mencegah Keputihan Yang Berlebihan
adalah :

  1. Gunakan celana dalam yang dibuat dari bahan katun yang mudah dalam penyerapan keringat, agar organ kewanitaan tidak lembab, dan basah.
  2. Ganti celana dalam minimal 2 kali sehari, jika dirasa pakaian dalam sudah terasa basah dan lembab untuk menghindari pertumbuhan dan perkembangbiakan jamur dan bakteri penyebab keputihan.
  3. Ketika Anda sedang dalam masa menstruasi, pastikan menggunakan pembalut yang mudah menyerap darah menstruasi dengan baik. Dan ganti pembalut 2-3 kali dalam sehari agar tidak menyebabkan rasa gatal dan bakteri akibat darah menstruasi.
  4. Gunakan panty liner pada saat tertentu saja, misalnya ketika keputihan keluar secara berlebihan dan menimbulkan gatal. Ganti panty liner sesering mungkin dan jangan terlalu lama menggunakan panty liner agar jamur dan bakteri penyebab keputihan tidak bersarang di sekitar organ kewanitaan Anda.
  5. Senantiasa bersihkan organ kewanitaan Anda dengan sabun pembersih yang aman, tanpa menimbulkan efek samping. Jaga selalu keseimbangan pH atau keasaman dalam vagina agar tetap seimbang sehingga flora baik dalam vagina tidak mati.
  6. Bersihkan organ kewanitaan Anda dari arah yang benar, yakni dari arah depan ke belakang (vagina depan hingga anus).
  7. Bila perlu gunakan pembersih wanita dari bahan herbal misalnya dengan menggunakan air rebusan daun sirih.
  8. Pastikan organ kewanitaan selalu dalam keadaan kering
  9. Hindari konsumsi jenis makanan atau buah yang dapat menimbulkan keputihan berlebihan, salah satu jenis buah yang dapat menimbulkan keputihan adalah mentimun, nanas, durian dan jenis makanan atau buah lainnya.

Cara mencegah keputihan yang berlebihan secara tradisional adalah dengan menggunakan ramuan alami dibawah ini :

  1. Daun sirih dan temu putih
    Caranya adalah cuci bersih kedua bahan ini kemudian tiriskan, setelah itu masukkanlah ke dalam segelas air yang bersih dan direbus samai mendidih. Ramuan alami ini diminum sebanyak 1 gelas selama seminggu diminum dengan berturut-turut.
  2. Daun sirih dan delima putih
    Ambillah sepuluh lembar daun sirih yang sudah tua, namun jika Anda mengambil yang masih muda juga tidak apa. Caranya adalah Anda cukup menambahkan kurang lebih 1 sendok serbuk delima putih, dan campurkanlah daun sirih dengan serbuk delima putih. Rebuslah dengan 400 cc air sampai mendidih. Gunakan air rebusan tadi unutk membilas vagina.
  3. Daun sirih saja
    Ambillah 10-15 lembar daun sirih, cuci dan setelah itu rebus sampai mendidih. Jika air sudah berubah agak kekuningan, dan bau sirihnya sudah tercium jelas. Maka cara selanjutnya adalah membilas vagina dengan menggunakan air rebusan tadi.

Sebaiknya jangan terlalu sering membilas vagina menggunakan air rebusan daun sirih. Karena kandungan antiseptik yang tinggi di dalamnya bisa membuat bakteri baik di dalam organ vagina menjadi mati. Lakuknlah selama 3 hari setiap bulannya.

Cara Mencegah Keputihan Yang Berlebihan


=====================================

>>> Obat Alami Keputihan Untuk Mengatasi Keputihan dan Mengobati Keputihan Pada Wanita, Menguatkan Otot-Otot Vagina dan Rahim, Mengurangi Lendir Yang Berlebihan Serta Membuat Aroma Wangi Pada Organ Intim Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mencegah Keputihan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *