Cara Mencegah Keputihan Secara Alami

Cara Mencegah Keputihan Secara Alami – Setiap wanita pernah mengalami keputihan yang disebabkan oleh faktor fisiologis yakni saat terjadi ovulasi, sebelum atau sesudah haid, saat hamil, atau karena problem kegemukan. Keputihan karena faktor fisiologis biasanya berbentuk lendir encer, bening dan tidak berbau. Hal ini sangat berbeda dengan keputihan yang disebabkan oleh faktor patologis. Karena disebabkan oleh serangan bakteri atau jamur, lendir yang keluar berwarna kekuningan bahkan kecokelatan dan terkadang bercampur darah.

Cara Mencegah Keputihan Secara Alami

Cara Mencegah Keputihan Secara Alami

PENYEBAB KEPUTIHAN

Selain jamur dan bakteri, keputihan patologis juga dipicu oleh pemakaian obat anti alergi atau obat antikanker pada alat kelamin. Keputihan yang menyebabkan daerah organ intim wanita menjadi menimbulkan bau tak sedap, rasa tidak nyaman, bahkan rasa gatal yang berlebihan di sekitar organ intim hingga membuat wanita merasa ingin menggaruk.

Pada beberapa wanita yang mengalami keputihan, kebanyakan dari mereka mengalami keputihan yang tidak normal dengan ciri keputihan pada cairan yang keluar berwarna putih kekuningan, rasa panas di sekitar organ intim, hingga mengalami bengkak. Jika kondisi keputihan yang tidak normal ini terus terjadi akan mengalami suatu komplikasi atau efek samping dari keputihan yang tidak normal.

Keputihan yang terus terjadi dapat dijadikan suatu alasan dari gejala timbulnya penyakit atau gangguan keseimbangan pH organ intim sampai pada gejala dari kanker serviks. Tidak semua keputihan yang terjadi terus-menerus pada wanita merupakan bahaya dari kanker servik. Namun kebanyakan timbulnya gejala kanker serviks adalah keputihan.

Keputihan yang terjadi pdaa wanita merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Namun jika keputihan berlangsung lama perlu dipelajari penyebabnya dan cara mengatasi keputihan itu sendiri. Keputihan disebabkan oleh banyak faktor penyebab yang terjadi seperti adanya gangguan keseimbangan pH dalam vagina, ketidakseimbangan hormon seksual wanita, kondisi stress berat, efek samping dari penggunaan obat-obat tertentu, gangguan dari suatu penyakit, rambut pubis (rambut kemaluan yang mungkin masuk ke dalam vagina) dan adanya bakteri keputihan seperti candida albicans dan infeksi jamur.

CARA MENCEGAH KEPUTIHAN SECARA ALAMI

Cara Mencegah Keputihan Secara Alami  sebenarnya tidaklah sulit, untuk mencegah keputihan dapat dilakukan berawal dari menjaga kebersihan organ intim setiap hari dan menghindari beberapa jenis makanan yang mungkin dapat menimbulkan efek samping pada pengeluaran atau produksi cairan vagina menjadi meningkat.

Cara Mencegah Keputihan Secara Alami, beberapa wanita dapat melakukan metode pencegahan keputihan secara alami yang berawal dari diri sendiri dengan cara :

  1. Membatasi konsumsi makanan atua minuman yang banyak mengandung gula dan alkohol. Karena gula yang berlebih dalam tubuh juga dapat menyebabkan perkembang biakan dari jamur candida.
  2. Mengurangi intensitas penggunaan produk pembersih vagina yang banyak dijual di pasaran. Boleh menggunakan cairan pembersih vagina, hanya jika keputihan yang diderita cukup mengganggu dan membuat rasa tidak nyaman. Karena penggunaan pembersih vagina umumnya mengandung alkohol hanya akan mengubah tingkat keasaman normal pada vagina (pH vagina) yang hanya akan meningkatkan risiko infeksi dan peradangan yang mungkin terajadi di sekitar organ intim wanita.
  3. Membersihkan organ intim dengan membasuh organ intim secara benar, mulai dari arah depan ke belakang (anus)
  4. Mengganti sesering mungkin celana dalam jika keputihan yang dirasa berlebihan dan jika organ intim wanita terasa lembab dan basah
  5. Membatasi penggunaan pantyliner karena hanya akan membuat vagina menjadi iritasi.
  6. Meskipun hanya sebuah mitos, kebanyakan wanita menghindari buah mentimun dan nanas yang konon sangat berpengaruh pada produksi cairan vagina yang berlebihan.

Cara mencegah keputihan secara alami pada wanita adalah dengan menggunakan ramuan alami seperti dibawah ini ;

  1. Sambiloto
    Sambiloto merupakan salah sat jenis tanaman obat yang berasal dari Asia tropika yang mengandung kandungan laktone, homoandrografolid, flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral, asam kersik dan juga damar. Cara untuk mengobati keputihan menggunakan sambiloto adalah ambillah sekitar 3 batang tanaman sambiloto, kemudian direbus dengan menggunakan 4 gelas air sampai yang tersisa adalah 2 gelas air saja, kemudian saringlah dan setelah itu minumlah sebanyak 3 kali dalam sehari dengan dosisnya adalah ¾ gelas untuk sekali minum.
  2. Bawang putih
    Bawang putih ternyata bisa membantu untuk mengobati keputihan. Kandungan sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus yang ada di dalamnya bisa memberikan khasiat untuk kesehatan dan menghambat terjadinya perkembangan bakteri, jamur serta virus. Suatu penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mempunyai suatu kekuatan sebagai antibakteri alami. Untuk mencegah keputihan secara alami pada wanita adalah konsumsilah bawang putih.
  3. Hindari stres
    Cara menghindari stres adalah dengan melakukan olahraga yang dilakukan dengan seimbang merupakan salah satu cara yang tepat. Berolahragalah sebanyak 2 kali dalam seminggu dan dilakukan dengan teratur. Selain itu, makanlah makanan yang segar untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Cara Mencegah Keputihan Secara Alami


=====================================

>>> Obat Alami Keputihan Untuk Mengatasi Keputihan dan Mengobati Keputihan Pada Wanita, Menguatkan Otot-Otot Vagina dan Rahim, Mengurangi Lendir Yang Berlebihan Serta Membuat Aroma Wangi Pada Organ Intim Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mencegah Keputihan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *