Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita

Cara Mencegah Keputihan Pada WanitaKeputihan merupakan salah satu gangguan pada organ reproduksi wanita. Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan (bukan darah) dari vagina secara berlebihan. Setiap wanita sekali waktu pernah mengalami keputihan dalam hidupnya, bahkan banyak yang sering mengalaminya.

Dalam keadaan yang normal, vagina yang sehat memproduksi cairan untuk membersihkan vagina dari benda-benda asing yang tidak diinginkan. Cairan tersebut juga berfungsi sebagai pelumas dalam hubungan seksual untuk membantu penetrasi penis, serta membantu fungsi reproduksi. Sekresi alami tersebut bisa cair seperti air atau kadang-kadang agak berlendir, umumnya cairan yang keluar sedikit, jernih dan tidak berbau.

Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita

Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita

PENYEBAB KEPUTIHAN

Penyebab keputihan antara lain : infeksi oleh mikroorganisme, gangguan keseimbangan hormon, stres dan kelelahan kronis, peradangan alat kelamin, benda asing dalam vagina,  atau merupakan gejala adanya penyakit dalam kandungan seperti kanker rahim, dsb.

CARA MENCEGAH KEPUTIHAN

Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita menurut Prof. Dr. Hembing Wijayakusuma dengan cara menggunakan bahan-bahan alami atau bahan rempah herbal seperti:

  • 15 lembar daun sirih dicuci dan direbus dengan 2 liter air hingga mendidih, hangat-hangat airnya digunakan untuk mencuci vagina beberapa kali sehari.
  • 15 gram kulit delima kering, 10 gram sambiloto kering, 20 gram kunyit (diiris-iris), dicuci bersih lalu direbus dengan 600cc air hingga tersisa 300cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Keputihan yang terjadi pada wanita tidak selalu berbahaya. Dari beberapa jenis keputihan yang terjadi pada wanita merupakan masalah keputihan yang normal dan wajar. Keputihan yang normal ini biasanya disebut dengan istilah keputihan fisiologis. Dan beberapa diantaranya adalah :

  1. Keputihan yang terjadi sebelum dan juga setelah menstruasi
  2. Keputihan yang terjadi pada ibu jamil jika tidak berlebihan.
  3. Keputihan yang terjadi pada bayi yang berusia 0-10 hari setelah pasca melahirkan.
  4. Keputihan yang terjadi akibat adanya suatu rangsangan seksual.

Keputihan fisiologis biasanya mempunyai ciri-ciri seperti warna yang bening, kental dan juga tidak berbau. Sementara itu, keputihan yang berbahaya biasanya warnanya adalah putih, kuning dan juga hijau. Jenis dari keputihan pada wanita seperti ini merupakan hal yang harus diwaspadai. Keputihan ini biasanya disebut dengan keputihan patologis. Keputiha patologis merupakan keputihan tidak normal karena penyebab keputihan yang terjadi adalah akibat bakteri dan juga suatu infeksi yang terjadi dibagian vagina. Infeksi yang terjadi ini biasanya adalah karena bakteri dan juga infeksi yang masuk pada vagina. Infeksi ini biasanya diakibatkan karena serangan virus atau juga akibat serangan pada jamur yang terjadi dibagian vagina.

Gejala keputihan tidak normal adalah warna putih susu dan juga hijau kekuning-kuningan. Bahkan, untuk kasus yang lebih parah lagi, lendir bisa saja bercampur dengan darah. Sebaiknya jika Anda mengalami hal ini, hubungi dokter untuk melakukan konsultasi langsung sehingga Anda akan mendapatkan cara mengobati keputihan yang tepat. Keputihan merupakan salah satu tanda yang diberikan pada organ tubuh bahwa ada sesuatu yang salah di dalam rahim Anda. Untuk kasus keputihan yang parah bisa menandakan bahwa terjadinya suatu penyakit seperti kanker seriks atau penyakit kelamin di dalam rahim.

Dibawah ini cara mencegah keputihan pada wanita adalah :

  1. Jagalah kebersihan organ intim kewanitaan Anda dengan baik dan tepat. Gantilah celana dalam Anda dengan teratur sebanyak 2 kali dalam sehari. Jika Anda mulai merasa bahwa pakaian dalam Anda sudah mulai lembab atau sudah mulai kotor, maka Anda harus mengganti celana dalam Anda dengan celana dalam yang bersih hingga bakteri, jamur serta virus yang ada di dalam pakaian dalam tidak menyerang vagina
  2. Membersihkan vagina dengan menggunakan pembersih yang khusus yang berbahan dasar herbal dan juga sangat efektif dalam membantu mencegah keputihan yang ringan.
  3. Disaat Anda sedang menstruasi, maka sebaiknya rajinlah mengganti pembalut. Jangan menggunakan pembalut selama seharian penuh karena hal ini akan bisa menginfeksi vagina. Sebaiknya gantilah pembalut Anda setiap 4 jam sekali untuk membantu cara mencegah keputihan dan paling tidak dengan mengurangi gejala keputihan dengan cara yang efektif.
  4. Disaat Anda melakukan hubungan seksual, maka sebaiknya gunakanlah pengaman. Setelah Anda melakukan hubungan seksual juga bersihkanlah vagina sampai bersih. Anda bisa melakukan konsultasi langsung dengan dokter kandungn menngenai pembersih vagina apa yang cocok untuk Anda gunakan. Dan hal ini merupakan salah satu cara mengobati keputihan agar Anda tidak salah dalam memilih produk yang bisa merusak organ intim wanita Anda.
  5. Menghindari stres
    Hindari stres yang berlebihan, cara yang bisa dilakukan untuk cara mencegah keputihan pada wanita secara alami adalah dengan melakukan olahraga secara teratur.

Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita


=====================================

>>> Obat Alami Keputihan Untuk Mengatasi Keputihan dan Mengobati Keputihan Pada Wanita, Menguatkan Otot-Otot Vagina dan Rahim, Mengurangi Lendir Yang Berlebihan Serta Membuat Aroma Wangi Pada Organ Intim Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mencegah Keputihan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *